RSS

perjuangan : sebuah kegigihan yang harus kita lakukan untuk menuju tujuan kita

14 Oct

alkisah, ada anak yang lelet banget kalo disuruh belajar. di kelas, kebiasaannya adalah nggak paham dengan pelajaran. hasilnya ia pun menjadi murid terbodoh di kelasnya. dan ia benar-benar stres dengan situasi ini. bener-bener ia nggakbisa cuex begitusaja ngadepin semua itu. ia ebner-bener bukan tipikal “cuex is the best” apalagi ngelebihin bebek, enthog, angsa dan unggas-unggas lainnya, hingga suatu kali…

ia memutuskan untuk pergi saja dari sekolahnya.  “aku sudah tidak tahan lagi menghadapi semua ini. emang duah nasibku jadi orang bodoh. beginilah orang bodoh. sungguh menderita, nggak pernah bisa ngerti apa-apa…”. begitulah ia mengutuki dirinya sendiri. lalu dengan tekad bulat, kotak, dan segitiga; ia pun packing untuk ninggalin sekolahan.

begitulah. setelah lama berjalan, badannya pun mulai kecapekan. lalu ia pun beristirahat di pinggir sebuah sungai. NAH, saat itulah ia nyaksiin peristiwa yang teramat penting dalam sejarah hidupnya. peristiwa yang akan merubah nasibnya. peristiwa yang tertangkap oleh matanya.

matanya tertumbuk, BUK!! pada suatu pemandangan yang menakjubkan. yah minimah bagi dia sendiri hehe…

ternyata eh ternyata. ia ngelihat suatu hal yang bikin ia melongo, en bikin ia nggak lagi bego. pemandangan yang akan merubah hidupnya, selamanya. pemandangan yang akan membuatnya berubah TOTAL!!

ia neglihat dengan cermat dan penuh minat, pada peristiwa “ajaib” yang dilihatnya sendiri. sungguh ia jadi ngrasa mendapat semangat luar biasa. yang bikin jiwanya menggelora. ia bisa. tentu ia bisa! masa’ kalah sama setetes air.

anak itu menyaksikan sebongkah batu besar yang berlobang ditengahnya, gara-gara kena tetesan air. ya hanya dengan tetesan air yang tak kenal lelah menimpa batu besar jadi berlobang. hal tersebut membuat sang anak terpana.

kemudian muncullah pencerahan dalam dirinya :

“gue sekarang emang bodoh, bego, dungu, tolol, atau apalahnamanya. tapi gue kan amnusia yang masih dikasih hidup ama Alloh SWT. kalo air yang terus menerus menetes ini saja bisa bikin batu keras jadi belobang, masa gue nggak bisa bikin diri gue sendiri pinter? sedungu atau sebodoh apapun gue sekarang, gue yakin kao gue terus menerus berusaha persis sama seperti tetesan air ini gue pasti bisa jadi pinter bin mahir. gue pasti bisa, asal gue nggak nyerah en etrus berusaha. Ya, GUE PASTI BISA!!!”

dan begitulah awalnya anak itu berubah DRASTIS. dulunya paling males, ajdi paling rajin. setiap saat yang memungkinkan, ia gunain untuk belajar. pokoknya udah kerajingan berat ia sama yang namanya bekajar. udah lezaaaattt banget deh belajar baginya.

dan… begitulah mulainya. dari murid paling bodoh di kelas, ia mulai nisa menyamai teman-temannya kemduian kakak kelasnya, sampai tingkat-tingkat lainnya ia lampaui bahkan mendekati kemampuan GURUnya!!

maka anak yang terkenal begitu bodoh kemudian berubah jadi pelajar yang teramat cerdas. ia juga berhasil menjadi ULAMA yang disegani. banyak buku yang ia tulis. itulah IBNU HAJAR AL-HAITAMI.

 

keutamaan ilmu dari ALI ra.

ketika Ali bin Abi Thalib ditanya tentang mana yang lebih utama antara ilmu dan harta, maka beliau menjawab :

1. “ilmu lebih utama daripada harta, ilmu adalah pusaka para nabi, sedang harta adalah pusakan Fir’aun dan Qarun.

2. “ilmu lebih utama daripada harta, karena ilmu itu akan menjagamu sementara harta malah engkau yang harus menjaganya”

3. “ilmu lebih utama daripada harta, karena di akhirat nanti pemilik harta akan dihisab, sedang orang berilmu akan memperoleh syafaat”

4. ” harta itu jika engkau berikan menjadi berkurang, sebaliknya ilmu jika engkau berikan malah bertambah”

5. ” pemilik harta itu musuhnya banyak, sedangkan pemilik ilmu temannya banyak”

6. ” harta akan hancur berantakan karena lama ditimbun zaman, ettapi ilmu tak akan rusak dan usnah walau ditimbun zaman”

7. ” harta akan membuat hati seseorang menjadi keras, sedang ilmu malah membuat hati bercahaya”

 

dapat kita lihat bahwa semangat yang terus kita bawa dalam belajar dapat membawa kita ke dalam kesuksesan. batu saja dapat kalah dengan air (air yang terus menerus berjuang melawan kerasnya batu), bahkan kalau kita lebih modernl lagi, air sudah digunakan untuk memotong baja yang notabene logam yang sangat keras melebihi kerasnya batu. bukan masalah seberapa besar semangat kita yang paling penting adalah bagaimana kita bisa kontinu dan konsisten dalam mencurahkan semangat kita dalam suatu hal, dalam hal ini kita membahas tentang belajar. Alloh SWT sudah menyediakan ilmu di alam semesta yang diciptakan-Nya. hanya saja bagaimana kita mengambil pelajaran dari segala seuatu yang ada di dunia ini.

mungkin cukup sekian materi minggu ini, tafadhal mau disampaikan atau tidak, namun tetap ingat bahwa minggu ini adalah minggu mid semester, lihat kondisi adik-adik mentee kita jangan sampai kewajiban belajar mereka terganggu, berilah semangat yang dapat memacu semangatnya dalam menghadapi ujian baik disekolah maupun ujian hidup.

 

sumber :

Bikin Belajar Selezat Coklat (Fatan Fantastic dan Dinda Denniz), Pro-U Media, 2006.

 
2 Comments

Posted by on October 14, 2010 in Materi Mentoring

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

2 responses to “perjuangan : sebuah kegigihan yang harus kita lakukan untuk menuju tujuan kita

  1. Tzenka Wijaya

    October 14, 2010 at 12:34 pm

    nice inspirational writings

     
  2. Iymoem

    October 14, 2010 at 11:16 pm

    good……..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: